Sukabumi, Jawa Barat - Jabar Expost Lembaga Perlindungan Konsumen Anom Kalijaga Indonesia (LPK-AKI) menggelar rapat tahunan yang bertujuan mempererat hubungan antar ketua wilayah serta memperkuat sinergi dalam menjalankan misi perlindungan konsumen di seluruh Indonesia. Kegiatan ini berlangsung di Cape Eyang, Kampung Citiis, Desa Makasari, RT 15/06, dalam suasana yang penuh semangat kebersamaan dan komitmen untuk kemajuan organisasi. Minggu 09 November 2025.
Rapat tahunan ini dihadiri oleh para ketua wilayah dari berbagai daerah yang tergabung dalam LPK-AKI. Selain menjadi ajang silaturahmi, acara ini juga menjadi forum strategis untuk saling bertukar pengalaman, menyampaikan aspirasi, serta membahas tantangan dan peluang dalam pelaksanaan tugas perlindungan konsumen di masing-masing wilayah.
Acara dibuka dengan sambutan dari para ketua wilayah, yang memperkenalkan diri dan menyampaikan harapan untuk kerja sama yang lebih erat ke depan. Dalam pidato utamanya, Ketua Umum LPK-AKI menegaskan pentingnya pelaporan rutin dari setiap wilayah sebagai bentuk tanggung jawab dan transparansi organisasi:
Setiap ketua wilayah wajib menyampaikan laporan kegiatan secara berkala setiap bulan. Ini bukan hanya untuk dokumentasi internal, tetapi juga sebagai bukti nyata bahwa kita aktif dan siap ketika ada kontrol dari instansi terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan,” tegasnya.
Lebih lanjut, Agung sebagai penasehat Umum LPK AKI. juga menyampaikan rencana strategis ke depan, yaitu penyelenggaraan seminar bertema Corporate Social Responsibility (CSR) yang akan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pelaku usaha, pemerintah daerah, dan masyarakat. Seminar ini diharapkan dapat menjadi wadah edukasi dan advokasi mengenai pentingnya tanggung jawab sosial perusahaan dalam mendukung perlindungan konsumen dan pembangunan berkelanjutan.
Kita harus mulai merancang seminar CSR sebagai bagian dari upaya kita membangun kesadaran bersama. Konsumen yang terlindungi adalah fondasi dari ekonomi yang sehat, dan pelaku usaha perlu diajak berperan aktif dalam hal ini,” tambahnya.
Rapat tahunan ini menjadi momentum penting bagi LPK-AKI untuk memperkuat koordinasi, meningkatkan kapasitas kelembagaan, dan menyusun langkah-langkah strategis demi perlindungan konsumen yang lebih efektif dan berkelanjutan di masa depan.

